Tips Ringankan Loading Halaman Blog

Tips Ringankan Loading Halaman Blog

Tips Ringankan Loading Halaman Blog


BacaPEDIA - Tahukah kamu bahwa sebuah halaman blog yang yang loadingnya sangat berat sangat berpengaruh pada visitor ? Ya, sebuah halaman blog yang loadingnya berat tentunya akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman serta tidak betah berada dan berkeliling di blog tersebut. Apakah kamu ingin mengecewakan pengunjung blog kamu ? Tentunya jawabannya pasti tidak kan. Nah, maka dari itu buatlah halaman blog kamu menjadi lebih ringan.

Meringankan Loading Halaman Blog ini sebenarnya sangat mudah, karena faktor-faktor yang mempengaruhinya tidak terlalu banyak. Faktor yang mempengaruhi loading halaman pada suatu blog di antarnya ;


  1. Banyaknya Gambar Pada Halaman Blog
    ini adalah faktor utama penyebab beratnya loading pada halaman blog. Saya sering melihat diblog-blog sebelah, banyak sekali yang menaruh gambar atau widget-widget yang tidak terlalu penting, tanpa memikirkan dampak dari banyaknya gambar pada halaman blog itu sendiri. Ingat, semakin banyak gambar pada halaman itu, maka semakin besar pula ukuran halaman tersebut.

  2. Terlalu Banyak Link Pada Halaman Blog
    banyaknya link pada halaman blog juga sangat berpengaruh pada kecepatan loading dihalaman tersebut. Saya sarankan aktifkanlah moderasi komentar, dengan tujungan agar halaman blog tidak terlalu banyak link. Saya sering baca artikel-artikel dari para ahli SEO, mereka mengatakan bahwa jumlah link dalam 1 halaman harus di bawah 200 link.

Algoritma baru Google saat ini, Google mengklaim kapasitas perayapan per halaman sudah jauh lebih besar yakni sebesar 150kb. Lalu bagaimana cara meringankan loading pada halaman blog kita ? Mari simak bersama-sama caranya berikut ini ;


Tips Ringankan Loading Blog Anda!



  1. Pakailah Gambar/Widget Seperlunya
    cara yang pertama adalah memakai gambar atau widget yang penting-penting saja. Jadi, mulai sekarang buang/hapuslah gambar-gambar pada blog kalian. Jika ingin memakai banyak gambar, perkecil dulu gambar tersebut. Dengan begitulah, data yang akan dimuat oleh browser pengunjung akan berkurang dan loading pada halaman tersebut akan menjadi lebih cepat dan ringan.

  2. Gunakan CSS yang Ringan
    Banyak orang yang tidak menyadari bahwa Css yang mereka gunakan dapat mempengaruhi loading pada halaman blog mereka, kebanyakan dari mereka menggunakan css yang mengandung gambar, dan jelas itu sangat mempengaruhi loading halaman blog, saran dari bacaPedia, gunakanlah Css yang simple dan usahakan css tersebut tidak menggunakan gambar.

  3. Mengurangi Link Pada Halaman Blog
    cara yang kedua adalah mengurangi banyaknya link pada halaman. Tampilkan maksimal 10 posting perhalaman, jangan terlalu banyak menampung komentar dari blog lain (aktifkan moderasi). Dengan begitu loading halaman blog akan menjadi lebih kecil dan ringan, dan pastinya akan mengurangi bounce rate pada blog tersebut, karena pengunjung akan merasa sangat nyaman mengelilingi blog kalian.

Para akhli SEO (pakar Seo) mengatakan bahwa beratnya loading suatu halaman blog memang tidak berpengaruh pada SERP. Namun beratnya loading pada halaman tersebut akan berpengaruh pada kecepatan loading halaman blog tersebut (page load time). Semoga tips yang saya share ini akan bermanfaat bagi kalian. Sampai disini dulu post yang berjudul Tips Ringankan Loading Halaman Blog. Sampai jumpa diposting selanjutnya.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget